Al-Quran Terjemahan Bahasa Indonesia per Kata

Al-Quran Terjemahan Bahasa Indonesia per Kata

Semalam bertemu dengan sahabat lama, dan tumbennya berbincang-bincang mengenai agama (biasanya klo ketemu pasti bicara ngalor ngidul ga karuan). Tau-tau diberikan tips untuk menghapal Al-Quran dengan membeli terjemahan Al-Quran per kata di toko buku Palasari. Hehe.... esoknya saya kepikiran, kayaknya ada deh versi digitalnya sehingga saya bisa menghemat sedikit pengeluaran(hehe.... sama Alloh aja pelit ya). Alhasil pencarian diinternet menemukan link download Al-Quran digital versi terjemahan perkata dalam bahasa Indonesia. Saya share kepada rekan-rekan pembaca semua barangkali membutuhkannya :


DJVU Format
http://www.mediafire.com/?fhi648hipq80adx
http://www.4shared.com/file/0bAWKNSR/syamil_quran.html
http://www.4shared.com/file/k26wjav3/al_quran_terjemah_per_kata.html
http://chromosome.files.wordpress.com/2010/12/syamil_quran.doc

PDF Format
http://chromosome.files.wordpress.com/2010/12/syamil_quran.pdf
http://chromosome.files.wordpress.com/2010/12/syamil_quran_large.pdf

Untuk membuka file tersebut silahkan menggunakan DJVU reader yang bisa dicari dan di download di Internet, atau klo buat pengguna Amazon Kindle sudah bisa langsung di masukan dan dibaca. Jika tidak memiliki DJVU reader bisa mendownload versi PDF nya saja cukup.

Tebak Siapa Hayo???


Sekarang saatnya kita main tebak-tebakan yuk, siapa cepat dia dapat. Ini clue nya ya.....
Sesungguhnya ia memiliki banyak nama/julukan, yaitu:
  • Langit pertama al-Abid (ahli ibadah, selalu mengabdi luar biasa kepada Allah)
  • Langit kedua ar-Raki (ahli ruku)
  • Langit ketiga as-Saajid (ahli sujud)
  • Langit keempat al-Khaasyi (selalu merendah dan takluk kepada Allah)
  • Langit kelima al-Qaanit (selalu ta'at)
  • Langit keenam al-Mujtahid (bersungguh-sungguh dalam beribadah)
  • Langit ketujuh az-Zahid (sederhana dalam menggunakan sarana hidup)
Pernah menjadi Imam para Malaikat (Sayyid al-Malaikat)[3][4] danKhazin al-Jannah (Bendaharawan Surga).
Selamat menjawab pertanyaan tersebut.

Tips Menikmati Hidup

Teringat oleh postingan status Facebook seseorang yang berisi :


Pencarian oleh mister google pun berlanjut hingga bertemu sebuah artikel dari sebuah artikel, menemukan sebuah hadits :

sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam“Ada dua buah nikmat yang kebanyakan orang terperdaya karenanya; yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari [6412] dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, lihat Fath al-Bari [11/258])

Sungguh sangat merugi orang-orang yang tidak pernah bersyukur atas nikmat sehat dan waktu luang yang sudah diberikan. Sebuah rezeki yang tak terkira dan mahal sekali harganya. Sungguh merugi pula orang yang tidak pernah menghargai pemberian ini.
Diingatkan oleh seorang rekan, kuasailah kesibukanmu bukan kesibukan yang menguasai dirimu. Semoga menjadi pelajaran terbaik dari semua aktifitas kita, orang yang beruntung adalah orang yang bisa mengambil hikmah atas semua kejadian yang menimpa kita.

Kata orang menunggu itu mebosankan

Sore ini. Ya Jumat sore kemarin. Prasidang dari thesis saya. Setelah mempertemukan kedua pembimbing thesis saya. Akhirnya tiba giliran diskusi privasi antar pembimbing. Dan tentu saja saya harus diluar. Ya anggap tidak tau apa yang dibicarakan didalam yang jelas amanah saya menunggu saja diluar. Ngomong-ngomong masalah menunggu saya jadi ingat kisah para sahabat yang ikut berperang. Dimana pada saat itu tidak semuanya ikut langsung frontal dengan musuh tapi ada sebagian yang disimpan untuk disuruh menunggu di atas bukit. Memang terlihat menunggu itu hal yang sepele, tapi ternyata dampaknya sangat besar. Tugas untuk menunggu bukanlah tugas kepada orang biasa. Tapi tugas khusus yang diberikan kepada manusia manusia pilihan yang luar biasa jiwa dan semangatnya.

Menunda-nunda Dahulu, Sengsara Kemudian

Saya jadi memang kepikiran dan kesadaran (maksudnya ini kepikiran terus baru nyadar :P ). memangnya hidup bisa "seenak udele dewek". Kalo kata komedian, "emang dunia ini milik nenek lu apa?". Saya bisa minta apa yang bisa saya pengin, minta ini minta itu. Ingin ini, ingin itu. Pengennya sih orang lain yang perhatian sama saya. Penginnya sih lingkungan harus berubah menjadi seperti yang saya inginkan. Tapi wait....
Ternyata hidup tidak seperti apa yang dikisahkan di Film.....
Bisa sering kita ngelonjor (kadangkala banyaknya ngelamun jorok). Betapa hebatnya dan asiknya kita klo jadi primadona disenengi banyak orang dan banyak fans yang meneriaki kita seolah-olah seperti artis terkenal dan pahlawan super hero ala marvel atau BC comics yang kadang-kadang bikin kita geli buat manjat2 tembok sendiri dan bergara sok sokan bisa terbang sendiri di rumah kita.

Ngelamun sih ngelamun tapi kita hidup di realitas masbro... bangun dong....

Awas lho jadi kecewa, karena bumi yang kita pijak tidak berubah seperti yang kita inginkan. Tapi waktu terus berjalan, kebanyakan ngayal yang seperti ada di sinetron dan film film membuat kita semakin galau. Menghayal pengen hidupnya seperti ini, seperti itu. Bukannya ga boleh sih, tapi liat dulu dong sudah diri ini melakukan apa? klo memang pengen kayak sinetron bergerak dong keluar rumah. keluar dari kandangnya.

Lha ini, pengen berubah tapi bukannya sibuk bergerak keluar rumah, malah jadinya sibuk nonton film dorama korea, sinetron FTV dan ditambah gosip. Klo bosen ya main game atau nonton film HD gratisan tanpa modal yang di donlot dari ganool.
Pyiuuhhh.... mengharapkan orang lain berubah itu tidak mungkin klo ga merubah diri sendiri
Kenapa?  soalnya orang lain pun berpikir sama seperti kita. orang lain juga mikirin kita yang harus berubah(saya kamsudnya). ya makanya terjadilah deadlock pencariian kambing hitam. Sibuknya mencari kesalahan orang lain tapi tidak pernah mengkoreksi diri sendiri
Heiii... helo mister perfect yang ga punya kesalahan
inget dong ga ada manusia yang sempurna atau benar. Bener ga sih?
lha ya iya klo kita ngerasa bener terus ga bakan sukses cuy.... ga bakalan punya temen.. dan yang terakhir bisa jadi sengsara aja di dunia cuman bikin dunia sempit dan ga ngaruh lagi ada atau ga ada saya sebagai mr. perfect tanpa kesalahan.

Hati hati, kebiasaan bisa menumbuhkan karakter negatif. Iya...... klo sering punya kebiasaan menunda-nunda maka jadilah kita menjadi karakter pemalas. Sebagai kisah nyata saya... ya klo lagi ngerjain tugas akhir atau tesis.... ditundaaaa... trus... pas di depan komputer ya persiapan dulu lah... makan dulu lah.... cari yang seger-seger dulu lah..... terus aja.... sampai ga kerasa waktu abis dan hari itu ga ngerjain tesis sama sekali cuman facebook an dan twitteran... sampe sempet sempetnya bikin komik kayak gini...


Sooooo..... jangan menunda-nunda pekerjaan kawan..... klo ga pengen sengsara...
Tugas itu dikerjakan bukan dipikiran
Klo dipikirin terus ya ga bakal selesai dan malah jadinya setreess... bukannya malah dikerjakan jadinya malah tiduurr......


The Pursuit of Happiness Quotes

Saya masih kagum dengan film will smith yang satu ini, cerita yang menarik dan memotivasi termasuk kata-kata yang ada di dalamnya. Saya sempatkan hari ini mengutak-atik gambar dari film ini dengan dimasukkan juga kata-kata yang paling bagus dari Film tersebut. Kata-kata ini juga pernah saya lihat di situs humor 9gag sebelumnya.

Prihatin? Ciyus?

Prihatin? Ciyus?

Urang mah sok prihatin ka pergaulan barudak jaman ayeuna, lamun saumpama ditanya :
"Mau kemana?"
Ngajawabna teh:
"Kasih tau ga ya, ?"

Padahal urang teh hirup ngan ukur sementara, urang pasti maot. Urang mah sok watir, paur jadi kabiasaan anu goreng..

Sok, bayangkeun coba, di alam kubur engke, malaikat pasti nanya tah:

"Siapa Tuhanmu?"
dijawabna : "Kasih tau ga yah?"

"Siapa Nabimu?"
dijawab : "ih kepo banget sih.."

Lamun malaikat ngomong : "Saya masukan kamu ke neraka!"
Maenya erek dijawab: "ciyus ? miapah?"

"kamu tidak tahu pedihnya api neraka!"
dijawabna leuwih parah : " Terus gue harus koprol sambil bilang woow gitu...".

(Tuh barudak ngora, dangukeun, sing balener atuh lah make bahasa teh, make bahasa Indonesia yang baik dan benar, lamun teu bisa nya bahasa Sunda yang sae jeung alus.)

Merubah diri untuk kemenangan

"Henshin shinai naraba makeru" (Jika Tidak Berubah Saya Akan Kalah) itulah yang dikatakan oleh Kotaro Minami saat sedang bertempur melawan monster. Memang hal yang pertama kali kita lakukan sebelum merubah orang lain atau lingkungan kita harus berubah terlebih dahulu. Perubahan ini dimaksudkan agar kita bisa memenangkan segala macam tantangan hidup yang senantiasa ada dan terus bertambah. Apalagi untuk kapasitas sebagai seorang pemimpin haruslah berubah menjadi pendengar yang baik, pelayan yang baik dan pemerhati yang baik kepada orang lain yang akan kita pimpin.

Seminar Inspiratif bersama Merry Riana

Alhamdulillah dapat undangan gratis dari salah satu sahabat dekat saya di blogger bangaswi. Untuk menghadiri acara "Seminar Inspiratif bersama Merry Riana". Tema yang diusung oleh acara ini adalah bagaimana mimpi jutaan dolar. Acara yang dimeriahkan juga oleh perform DJ. Arie ini dilaksanakan di Gedung Wahana Bakti Pos Lt.8 Edelweis Grand Ballroom Jl. Banda No.30 Bandung pada tanggal 24 November 2012 di akhir pekan hari sabtu tepatnya. Bagi rekan-rekan yang mau ikut bergabung menjadi peserta bisa langsung kontak dari poster berikut :

Husnudzon Kepada Perintah Alloh

Husnudzon Kepada Perintah Alloh

Nabi NUH belum tahu banjir akan datang ketika ia membuat kapal besar & ditertawai kaumnya.

Nabi IBRAHIM belum tahu akan tersedia domba ketika pisau nyaris memenggal buah hatinya.

Nabi MUSA belum tahu laut akan terbelah saat dia diperintah
memukulkan tongkatnya.

Nabi MUHAMMAD SAW pun belum Tahu kalau Madinah adalah Kota Tersebarnya Ajaran yang dibawanya saat beliau diperintahkan berhijrah.

Yang Mereka Tahu adalah bahwa Mereka harus Patuh pada perintah ALLAH dan tanpa berhenti Berharap yang Terbaik.

Ternyata dibalik keTIDAKTAHUan kita, ALLAH telah menyiapkan SURPRISE saat kita menunaikan perintahNYA.

BIASANYA Tangan-tangan ALLAH Bekerja di detik detik Terakhir dalam Usaha Hamba-Nya.

So, Never Give Up, Make Better For the Best.

Kalaupun Hasil Yang kita Usahakan Jauh dari Harapan bahkan Menyakitkan, Jangan kita berkecil hati.

Karena Sering ALLAH mencintai kita dengan cara-cara yang kita benci.

Tetap HUSNUDZON kepada ALLAH apapun yang terjadi.

ALLAH berfirman: "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 216).

Tidak ada yang tidak mungkin bagi ALLAH.

Nothing Imposible If U Believe Alloh
Apa yang Kau Cari Dalam Hidupmu?

Apa yang Kau Cari Dalam Hidupmu?

Di musim Kemarau merindukan musim Hujan.
Di musim Hujan merindukan musim Kemarau.

Diam di rumah merindukan bepergian.
Setelah bepergian merindukan rumah.

Waktu tenang mencari keramaian.
Waktu ramai mencari ketenangan.

Setelah berkeluarga, belum memiliki anak mengeluh.
Setelah memiliki anak, mengeluh biaya hidup & pendidikan.

Kita tak pernah bahagia, sebab segala sesuatu tampak indah hanya sebelum dimiliki.

Namun setelah dimiliki, tak lagi menarik.

Kapankah kebahagiaan akan didapatkan kalau kita hanya selalu memikirkan apa yg belum ada, namun mengabaikan apa yg sudah dimiliki?

Ya اللّه, jadilah pribadi kita yg selalu bersyukur!

Bersyukurlah senantiasa dg berkah yg sudah kita miliki.

Bagaimana mungkin selembar daun yg kecil dapat menutupi Bumi yg luas ini?

Jangankan Bumi, menutupi telapak tangan saja sulit.

Namun, bila daun kecil ini menempel di mata kita, maka tertutuplah bumi ini!

Begitu juga bila hati ditutupi pikiran buruk sekecil apapun, maka kita akan melihat keburukan di mana².

Bumi ini pun akan tampak buruk.

Jangan menutup mata kita, walaupun hanya dg daun yg kecil.

Jangan menutupi hati kita, walaupun hanya dg sebuah pikiran buruk/negatif!

Bila hati kita tertutup, tertutuplah semua..

Syukuri apa yg sudah kita miliki, sebagai modal untuk memuliakan اللّه.

Karena hidup adalah "waktu yg dipinjamkan" dan harta adalah "anugerah yg dipercayakan".

Bersyukurlah atas nafas yg masih kita miliki.

Bersyukurlah atas keluarga & rumah tangga yg kita miliki..

Bersyukurlah atas pekerjaan yg kita miliki..

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya اللّه akan menambahkan nikmat kepadamu. Tetapi jika kamu mengingkari nikmat اللّه, maka pasti adzab اللّه amatlah pedih" [QS Ibrahim:7].
Para Tokoh yang Menjunjung TInggi Integritas

Para Tokoh yang Menjunjung TInggi Integritas

Ketika saya melakukan blogwalking ke blog seseorang, saya menemukan sebuah link dengan foto salah satu tokoh indonesia. Foto itu adalah foto Agus Salim. Ketika saya susuri link tersebut masuk kepada salah satu situs berita di Indonesia yaitu detik.
Salah satu cuplikannya adalah :

The Grand Old Man, begitu julukan bagi diplomat Indonesia Agus Salim. Mantan menteri luar negeri di era kemerdekaan ini dikenal sebagai sosok jenius, dia menguasai hingga 9 bahasa. Tapi di balik itu, kisah hidupnya penuh dengan kesederhanaan.
Agus Salim, walau merupakan sosok pejabat, hidup dalam kejujuran. Dia dan keluarganya kerap pindah-pindah rumah karena habis sewanya. Bahkan pernah, mereka tinggal di rumah yang WC-nya rusak, istrinya pun sampai muntah-muntah tak tahan. Kondisi demikian tetap membuat Agus Salim bertahan, dia bahkan tidak meminta tambahan fasilitas dan gaji kepada negara.
Keluarga Agus Salim juga hidup sederhana. Anak-anaknya memakai pakaian yang seadanya. Agus Salim tetap hidup dalam kesederhanaan hingga akhir hidupnya. Sebuah kalimat dari diplomat Belanda Prof. Schermerhon mungkin menggambarkan sosok Agus Salim.
"Orang tua yang sangat pandai ini adalah seorang yang jenius. Ia mampu bicara dan menulis secara sempurna sedikitnya dalam 9 bahasa. Kelemahannya hanya satu: ia hidup melarat".

Meningkatkan Daya Ingat


Meningkatkan Daya Ingat Kita
Semakin majunya peradaban manusia tentunya dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan kebudayaan dari masyarakat yang membangunnya. Ditengah era teknologi yang semakin canggih dan tak terbatas untuk belajar tanpa batas ruang dan waktu tentunya menuntuk setiap individu yang ada di dalamnya memiliki kemampuan otak yang lebih dari sekedar biasanya. Tuntutan ini melahirkan sebuah kebutuhan, kebutuhan akan ilmu dan wawasan yang luas di dalam diri masing-masing agar menjadi insan yang berilmu dan memiliki manfaat dengan lannya. Sehingga kapasitas dari ingatan kita terhadap sebuah ilmu menjadi kewajiban bisa memiki daya tampung yang lebih besar dan luas.
Teknik-teknik untuk daya tampung ingatan
Ada beberapa teknik yang digunakan oleh banyak orang yang juga dirumuskan oleh para ahli keilmuan fungsi otak diantanya adalah :
Teknik Asosiasi
Teknik ini digunakan untuk mengingat objek-objek yang banyak dengan benda lain yang lebih dekat dan mudah diingat oleh kita, carilah objek lain yang selalu kita ingat kemudian hubungkan dengan ingatan baru yang akan kita bentuk atau ingat. Sebagai contohnya, kita ingin mengingat beberapa benda sebagai berikut :

Maka kita asosiasikan dengan tubuh kita seolah-olah tubuh kita terbuat dari berbagai macam benda tersebut diurut dari mulai atas hingga bawah(karena kita juga lemah dalam mengingat urutan).
Jembatan Keledai
Masih ingatkah kita ketika menghafal deret unsur kimia pada tabel periodik? Kita sering menggunakan cerita dari singkatan unsur-unsur dalam satu golongan yaitu yang terdapat dalam satu kolom, sebagai contoh saja apabila kita mengingat golongan IA maka kita tinggal mengingat kata.
Hai LiNa Kau Rebut Calon Suami Fransiska
Mnemonik
Kita hubungkan saja setiap hal yang aka  kita inget dengan benda kongkrit yang biasa kita bayangkan. Misalkan kita ingin menghapal rumuh trigonometri, dari segitiganya kita umpakan kepala patrict the star agar mudah diingat. Kemudian dari kepala ini kita mulai mengingat-ingat semua rumusan dengan metode asosiasi.


(sekolah karakter / awangga)
Membangun Karakter Positif Sebagai Bekal Kesuksesan

Membangun Karakter Positif Sebagai Bekal Kesuksesan

Pada hakikatnya karakter lahir dari kebiasaan, sebagai contoh orang yang selalau mencoba ketika ia gagal maka melahirkan karakter yang gigih. Sama halnya dengan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan maka akan melahirkan karakter pemalas.

Pentingnya membentuk karakter positif
Tujuan dari dimilikinya karakter positif adalah sebuah kesuksesan. Ibarat lahan tanah, karakter merupakan lahan yang gembur dan subur untuk tumbuh berkembangnya berbagai macam bibit kiprah dan karir, sehingga pada suatu hari nanti akan berbuah lebat dan banyak yaitu buah kesuksesan.

Mengolah diri menjadi karakter Positif
Pertama kita harus bisa mengenal diri dan mengenal lingkungan. Pastikan kita tahu apa yang biasa kita lakukan sehari-hari, sehingga hal tersebutlah yang menentukan masa depan kita. Inilah yang disebut dengan Kultur atau dalam bahasa indonesia adalah budaya. Ada dua jenis tipe orang berdasarkan motifasi kebudayaannya :

1. Motif mengikuti budaya lingkungan
Adalah sebuah kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan lingkungannya. Jika lingkungannya negatif maka ia akan menjadi negatif, begitu pula sebaliknya. Sebagai contoh nyata, seorang kakak beradik hidup dalam satu rumah. Sang kakak disuruh ibunya untuk membersihkan kamarnya, sedangkan sang adik tidak disuruh. Sang kakak membandingkan dirinya dengan adiknya dan melihat dirisinya merasa diperlakukan tidak adil, karena adiknya tidak disuruh. Alhasil, si kakak tidak langsung membersihkan kamarnya tapi malah "komplain" atau protes karena kenapa adiknya juga tidak disuruh, yang ada adalah marah-marah saja kepada ibunya sedangkan kamarnya tidak pernah dibersihkan . Karakter ini adalah karakter yang sangat rapuh dan biasanya orang yang memiliki karakter ini adalah orang yang rata-rata tidak asik untuk dijadikan teman dekat, karena sifatnya yang selalu bergantung kepada lingkungannya. Ibarat bunglon yang selalu berubah warna kulit, maka karakter ini adalah termasuk karakter yang "Moody". Dia bisa saja menciptakan banyak teman dengan topengnya, akan tetapi pada hakikatnya dalam dirinya merasa kesepian karena tidak pernah memiliki sohib dekat tempat curhat dan menemaninya dalam kesenangan maupun kesusahan.

2. Motif membuat budaya lingkungan
Adalah sebuah kebiasaan seorang "pionir" dalam lingkungannya. Ia senantiasa senang untuk melukan sesuatu yang positif diluar dari kebiasaan di lingkungannya. Walaupun lingkungannya negatif, dia tidak langsung terbawa oleh lingkungan tersebut. Akan tetapi cenderung akan memberikan contoh kepada yang lainnya agar bisa diikuti oleh orang-orang dilingkungannya. Sebagai contoh kecil, suatu ketika adi hidup di dalam rumah kontrakan dengan banu dan safwa. Adi melihat banu dan safwa sangat malas sekali membersihkan rumah kontrakannya bersamanya itu, apabila memakai piring dan gelas tidak pernah dicuci kembali. Adi memiliki karakter kuat sebagai pionir, dia tidak langsung memarah-marahi teman-teman satu kontrakannya seperti halnya motif orang yang mengikuti budaya. Dia memulainya dengan memcucikan semua gelas dan piring yang habis dipakai oleh teman-teman satu kontrakannya tersebut walaupun ia seorang diri dan tidak ada yang membantu. Tak hanya itu adi juga membersihkan lantai dan mengepel sekaligus menata rumah agar terlihat bersih. Bagi yang memiliki motif mengikuti lingkungan, dimata orang yang negatif ini adalah pekerjaan seorang pembantu dan sering berfikir "gila ini gua kayak pembokat aja suruh bersih bersih". Akan tetapi Adi memiliki benak yang lebih mulia, di dalam benaknya hanya satu "Cinta Kebersihan yang berujung pada Kesehatan". Dia yakin karakter ini adalah jenis karakter inisiator yang bisa membuat dirinya kelak akan sukses. Dan inilah yang membuat dia selalu bahagia ketika bekerja.

Dari motif membuahkan kebiasaan dan akhirnya menjadi karakter
Motif dalam kaidah hukum menentukan seseorang dihukum berat atau tidak berdasarkan apa yang dilakukannya. Sebagai contoh, orang yang membunuh dengan sengaja dan penuh perencanaan akan dihukum lebih berat daripada orang yang tidak sengaja membunuh atau dalam rangka pembelaan. Hasilnya sama adanya objek yang terbunuh, akan tetapi berbeda hukumannya. Sama halnya dengan menjalani hidup, orang yang ingin sukses tanpa sengaja merencanakan dan menargetkan kesuksesannya tidak akan bertahan lama kebahagiaanya bahkan kebingungan dengan akhirnya melahirkan ketakutan. Karakter inilah yang kemudian melahirkan karakter negatif dengan mencari sukses instan yang menghalalkan segala cara dalam menempuh kesuksesannya. Bahayanya lagi jika orang-orang yang memiliki karakter negatif ini menguasai managemen dan kebijakan pemerintahan sebuah bangsa maka bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi pada perkembangan bangsa tersebut. Oleh karena itu, karakter positif adalah karakter emas yang sangat berharga nilainya dan dicari oleh banyak orang. Pastikan kita memiliki karakter emas tersebut dan mulailah dari apa yang menjadi kebiasaan kita saat ini juga, karena sukses masa depan kita ditentukan oleh kebiasaan kita saat ini.

(Rolly Maulana Awangga/Sekolah Karakter)

Kumpulan Review dari Rekan Blogger Terhadap Buku "Who Moved My Cheese" Spencer Johnson

Kumpulan Review dari Rekan Blogger Terhadap Buku "Who Moved My Cheese" Spencer Johnson

Buku yang menarik untuk membuka cakrawala kita mengenai padigma berfikir tentang meraih cita-cita, impian atau yang disebut dengan kesusksesan. Spencer Johnson seorang penulis buku "Who Moved My Cheese", karya bukunya menjadi best seller di semua tempat. Cuplikan-cuplukan cerita yang disajikan oleh rekan-rekan blogger sebelumnya diantaranya adalah
Fakta Terbaru: Ternyata Otak Manusia Lebih Kecil dari Otak Tikus
Kisah dua Kurcaci dan dua Tikus
Berubah atau Punah
[review] Book: Who Moved My Cheese?
Bersiaplah dengan segala perubahan yang terjadi…
Kisah Dua Kurcaci dan Dua Tikus
The Change : Tikus Juga Punya Optimisme
Jangan Takut Dengan Perubahan
BERUBAH DENGAN MEMBACA WHO MOVE MY CHEESE OLEH DR. SPENCER JOHNSON
Who Moved My Cheese?
Semua cerita tikus yang dibawakan rekan-rekan blogger telah membuktikan kekuatan berfikir yang dibentuk akibat sebuah kisah dari karangan sesorang yang luar biasa bisa mengubah hidup menuju kepada kesuksesan. Mari kita baca sejenak dari beberapa hal yang disampaikan oleh rekan-rekan blogger sebelumnya, dan ambil hikmah dari setiap bacaan yang telah dibuat.


Lihat bagaimana Indonesia Ditertawakan oleh Orang Luar Negeri

Coba kita lihat sendiri di video berikut ini
Fakta mengenai industri roko di Indonesia yang berkembang pesat, tapi ternyata juga tak hanya industri rokok saja. hampir semua industri bertumbuh pesat dan itu dikuasai oleh asing
Kunjungan Bapak Prof. Dr. Ir BJ. Habibie ke Garuda Indonesia

Kunjungan Bapak Prof. Dr. Ir BJ. Habibie ke Garuda Indonesia


Kantor Manajemen Garuda Indonesia
Garuda City Complex, Bandara Soekarno-Hatta
12 Januari 2012

Pada usianya 74 tahun, mantan Presiden RI, BJ Habibie secara mendadak mengunjungi fasilitas Garuda Indonesia didampingi oleh putra sulung, Ilham Habibie dan keponakannya(?), Adri Subono, juragan Java Musikindo.

Kunjungan beliau dan rombongan disambut oleh President & CEO, Bapak Emirsyah Satar disertai seluruh Direksi dan para VP serta Area Manager yang sedang berada di Jakarta.

Dalam kunjungan ini, diputar video mengenai Garuda Indonesia Experience dan presentasi perjalanan kinerja Garuda Indonesia sejak tahun 2005 hingga tahun 2015 menuju Quantum Leap.

Sebagai “balasan” pak Habibie memutarkan video tentang penerbangan perdana N250 di landasan bandara Husein Sastranegara, IPTN Bandung tahun 1995 (tujuh belas tahun yang lalu!).

Entah, apa pasalnya dengan memutar video ini?

Video N250 bernama Gatotkaca terlihat roll-out kemudian tinggal landas secara mulus di-escort oleh satu pesawat latih dan sebuah pesawat N235. Pesawat N250 jenis Turboprop dan teknologi glass cockpit dengan kapasitas 50 penumpang terus mengudara di angkasa Bandung.

Dalam video tsb, tampak para hadirin yang menyaksikan di pelataran parkir, antara lain Presiden RI Bapak Soeharto dan ibu, Wapres RI bapak Soedarmono, para Menteri dan para pejabat teras Indonesia serta para teknisi IPTN. Semua bertepuk tangan dan mengumbar senyum kebanggaan atas keberhasilan kinerja N250. Bapak Presiden kemudian berbincang melalui radio komunikasi dengan pilot N250 yang di udara, terlihat pak Habibie mencoba mendekatkan telinganya di headset yang dipergunakan oleh Presiden Soeharto karena ingin ikut mendengar dengan pilot N250.

N250 sang Gatotkaca kembali pangkalan setelah melakukan pendaratan mulus di landasan………………

Di hadapan kami, BJ Habibie yang berusia 74 tahun menyampaikan cerita yang lebih kurang sbb:

“Dik, anda tahu…………..saya ini lulus SMA tahun 1954!” beliau membuka pembicaraan dengan gayanya yang khas penuh semangat dan memanggil semua hadirin dengan kata “Dik” kemudian secara lancar beliau melanjutkan……………..“Presiden Soekarno, Bapak Proklamator RI, orator paling unggul, …….itu sebenarnya memiliki visi yang luar biasa cemerlang! Ia adalah Penyambung Lidah Rakyat! Ia tahu persis sebagai Insinyur………Indonesia dengan geografis ribuan pulau, memerlukan penguasaan Teknologi yang berwawasan nasional yakni Teknologi Maritim dan Teknologi Dirgantara. Kala itu, tak ada ITB dan tak ada UI. Para pelajar SMA unggulan berbondong-bondong disekolahkan oleh Presiden Soekarno ke luar negeri untuk menimba ilmu teknologi Maritim dan teknologi dirgantara. Saya adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Pendidikan kami di luar negeri itu bukan pendidikan kursus kilat tapi sekolah bertahun-tahun sambil bekerja praktek. Sejak awal saya hanya tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi Indonesia. Jadi sebenarnya Pak Soeharto, Presiden RI kedua hanya melanjutkan saja program itu, beliau juga bukan pencetus ide penerapan ‘teknologi’ berwawasan nasional di Indonesia. Lantas kita bangun perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

Sekarang Dik,…………anda semua lihat sendiri…………..N250 itu bukan pesawat asal-asalan dibikin! Pesawat itu sudah terbang tanpa mengalami ‘Dutch Roll’ (istilah penerbangan untuk pesawat yang ‘oleng’) berlebihan, tenologi pesawat itu sangat canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun kedepan, diperlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal, satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang mempergunakan teknologi ‘Fly by Wire’ bahkan sampai hari ini. Rakyat dan negara kita ini membutuhkan itu! Pesawat itu sudah terbang 900 jam (saya lupa persisnya 900 atau 1900 jam) dan selangkah lagi masuk program sertifikasi FAA. IPTN membangun khusus pabrik pesawat N250 di Amerika dan Eropa untuk pasar negara-negara itu.Namun, orang Indonesia selalu saja gemar bersikap sinis dan mengejek diri sendiri ‘apa mungkin orang Indonesia bikin pesawat terbang?’

Tiba-tiba, Presiden memutuskan agar IPTN ditutup dan begitu pula dengan industri strategis lainnya.

Dik tahu…………….di dunia ini hanya 3 negara yang menutup industri strategisnya, satu Jerman karena trauma dengan Nazi, lalu Cina (?) dan Indonesia………….

Sekarang, semua tenaga ahli teknologi Indonesia terpaksa diusir dari negeri sendiri dan mereka bertebaran di berbagai negara, khususnya pabrik pesawat di Bazil, Canada, Amerika dan Eropa…………….

Hati siapa yang tidak sakit menyaksikan itu semua…………………?

Saya bilang ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dll dan kita tak perlu tergantung dengan negara manapun.

Tapi keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rejeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang beli pesawat negara mereka!”

Pak Habibie menghela nafas…………………..

Ini pandangan saya mengenai cerita pak Habibie di atas;
Sekitar tahun 1995, saya ditugaskan oleh Manager Operasi (JKTOF) kala itu, Capt. Susatyawanto untuk masuk sebagai salah satu anggota tim Airline Working Group di IPTN dalam kaitan produksi pesawat jet sekelas B737 yang dikenal sebagai N2130 (kapasitas 130 penumpang). Saya bersyukur, akhirnya ditunjuk sebagai Co-Chairman Preliminary Flight Deck Design N2130 yang langsung bekerja dibawah kepala proyek N2130 adalah Ilham Habibie. Kala itu N250 sedang uji coba terus-menerus oleh penerbang test pilot (almarhum) Erwin. Saya turut mendesain rancang-bangun kokpit N2130 yang serba canggih berdasarkan pengetahuan teknis saat menerbangkan McDonnel Douglas MD11. Kokpit N2130 akan menjadi mirip MD11 dan merupakan kokpit pesawat pertama di dunia yang mempergunakan LCD pada panel instrumen (bukan CRT sebagaimana kita lihat sekarang yang ada di pesawat B737NG). Sebagian besar fungsi tampilan layar di kokpit juga mempergunakan “track ball atau touch pad” sebagaimana kita lihat di laptop. N2130 juga merupakan pesawat jet single aisle dengan head room yang sangat besar yang memungkinkan penumpang memasuki tempat duduk tanpa perlu membungkukkan badan. Selain high speed sub-sonic, N2130 juga sangat efisien bahan bakar karena mempergunakan winglet, jauh sebelum winglet dipergunakan di beberapa pesawat generasi masa kini.

Saya juga pernah menguji coba simulator N250 yang masih prototipe pertama……………..

N2130 narrow body jet engine dan N250 twin turboprop, keduanya sangat handal dan canggih kala itu………bahkan hingga kini.

Lamunan saya ini, berkecamuk di dalam kepala manakala pak Habibie bercerita soal N250, saya memiliki kekecewaan yang yang sama dengan beliau, seandainya N2130 benar-benar lahir………….kita tak perlu susah-susah membeli B737 atau Airbus 320.

Pak Habibie melanjutkan pembicaraannya………………..

“Hal yang sama terjadi pada prototipe pesawat jet twin engines narrow body, itu saya tunjuk Ilham sebagai Kepala Proyek N2130. Ia bukan karena anak Habibie, tapi Ilham ini memang sekolah khusus mengenai manufakturing pesawat terbang, kalau saya sebenarnya hanya ahli dalam bidang metalurgi pesawat terbang. Kalau saja N2130 diteruskan, kita semua tak perlu tergantung dari Boeing dan Airbus untuk membangun jembatan udara di Indonesia”.

“Dik, dalam industri apapun kuncinya itu hanya satu QCD,

- Q itu Quality, Dik, anda harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten

- C itu Cost, Dik, tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis

- D itu Delivery, biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu!Itu saja!”

Pak Habibie melanjutkan penjelasan tentang QCD sbb:

“Kalau saya upamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1 lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah maka menjadi 3. Tapi cara kerja QCD tidak begitu Dik………….organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD itu bisa menjadi 300 atau 3000 atau bahkan 30.000 sangat tergantung bagaimana anda semua mengerjakannya, bekerjanya harus pakai hati Dik………………”

Tiba-tiba, pak Habibie seperti merenung sejenak mengingat-ingat sesuatu ………………………

“Dik, ……….saya ini memulai segala sesuatunya dari bawah, sampai saya ditunjuk menjadi Wakil Dirut perusahaan terkemuka di Jerman dan akhirnya menjadi Presiden RI, itu semua bukan kejadian tiba-tiba. Selama 48 tahun saya tidak pernah dipisahkan dengan Ainun, ………..ibu Ainun istri saya. Ia ikuti kemana saja saya pergi dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. Dik, kalian barangkali sudah biasa hidup terpisah dengan istri, you pergi dinas dan istri di rumah, tapi tidak dengan saya. Gini ya…………saya mau kasih informasi……….. Saya ini baru tahu bahwa ibu Ainun mengidap kanker hanya 3 hari sebelumnya, tak pernah ada tanda-tanda dan tak pernah ada keluhan keluar dari ibu……………………”

Pak Habibie menghela nafas panjang dan tampak sekali ia sangat emosional serta mengalami luka hati yang mendalam………………………..seisi ruangan hening dan turut serta larut dalam emosi kepedihan pak Habibie, apalagi aku tanpa terasa air mata mulai menggenang.

Dengan suara bergetar dan setengah terisak pak Habibie melanjutkan……………………

“Dik, kalian tau……………..2 minggu setelah ditinggalkan ibu…………suatu hari, saya pakai piyama tanpa alas kaki dan berjalan mondar-mandir di ruang keluarga sendirian sambil memanggil-manggil nama ibu……… Ainun……… Ainun …………….. Ainun …………..saya mencari ibu di semua sudut rumah.

Para dokter yang melihat perkembangan saya sepeninggal ibu berpendapat ‘Habibie bisa mati dalam waktu 3 bulan jika terus begini…………..’ mereka bilang ‘Kita (para dokter) harus tolong Habibie’.

Para Dokter dari Jerman dan Indonesia berkumpul lalu saya diberinya 3 pilihan;
1. Pertama, saya harus dirawat, diberi obat khusus sampai saya dapat mandiri meneruskan hidup. Artinya saya ini gila dan harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa!

2. Opsi kedua, para dokter akan mengunjungi saya di rumah, saya harus berkonsultasi terus-menerus dengan mereka dan saya harus mengkonsumsi obat khusus. Sama saja, artinya saya sudah gila dan harus diawasi terus……………

3. Opsi ketiga, saya disuruh mereka untuk menuliskan apa saja mengenai Ainun, anggaplah saya bercerita dengan Ainun seolah ibu masih hidup.

Saya pilih opsi yang ketiga……………………….”

Tiba-tiba, pak Habibie seperti teringat sesuatu (kita yang biasa mendengarkan beliau juga pasti maklum bahwa gaya bicara pak Habibie seperti meloncat kesana-kemari dan kadang terputus karena proses berpikir beliau sepertinya lebih cepat dibandingkan kecepatan berbicara dalam menyampaikan sesuatu) …………………. ia melanjutkan pembicaraannya;

“Dik, hari ini persis 600 hari saya ditinggal Ainun…………..dan hari ini persis 597 hari Garuda Indonesia menjemput dan memulangkan ibu Ainun dari Jerman ke tanah air Indonesia………….

Saya tidak mau menyampaikan ucapan terima kasih melalui surat…………. saya menunggu hari baik, berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk mencari momen yang tepat guna menyampaikan isi hati saya. Hari ini didampingi anak saya Ilham dan keponakan saya, Adri maka saya, Habibie atas nama seluruh keluarga besar Habibie mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kalian, Garuda Indonesia telah mengirimkan sebuah Boeing B747-400 untuk menjemput kami di Jerman dan memulangkan ibu Ainun ke tanah air bahkan memakamkannya di Taman Makam Pahlawan. Sungguh suatu kehormatan besar bagi kami sekeluarga. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Garuda Indonesia”

Seluruh hadirin terhenyak dan saya tak kuasa lagi membendung air mata…………………………

Setelah jeda beberapa waktu, pak Habibie melanjutkan pembicaraannya;

“Dik, sebegitu banyak ungkapan isi hati kepada Ainun, lalu beberapa kerabat menyarankan agar semua tulisan saya dibukukan saja, dan saya menyetujui…………………

Buku itu sebenarnya bercerita tentang jalinan kasih antara dua anak manusia. Tak ada unsur kesukuan, agama, atau ras tertentu. Isi buku ini sangat universal, dengan muatan budaya nasional Indonesia. Sekarang buku ini atas permintaan banyak orang telah diterjemahkan ke beberapa bahasa, antara lain Inggris, Arab, Jepang….. (saya lupa persisnya, namun pak Habibie menyebut 4 atau 5 bahasa asing).Sayangnya buku ini hanya dijual di satu toko buku (pak Habibie menyebut nama satu toko buku besar), sudah dicetak 75.000 eksemplar dan langsung habis. Banyak orang yang ingin membaca buku ini tapi tak tahu dimana belinya. Beberapa orang di daerah di luar kota besar di Indonesia juga mengeluhkan dimana bisa beli buku ini di kota mereka.

Dik, asal you tahu…………semua uang hasil penjualan buku ini tak satu rupiahpun untuk memperkaya Habibie atau keluarga Habibie. Semua uang hasil penjualan buku ini dimasukkan ke rekening Yayasan yang dibentuk oleh saya dan ibu Ainun untuk menyantuni orang cacat, salah satunya adalah para penyandang tuna netra. Kasihan mereka ini sesungguhnya bisa bekerja dengan nyaman jika bisa melihat.

Saya berikan diskon 30% bagi pembeli buku yang jumlah besar bahkan saya tambahkan lagi diskon 10% bagi mereka karena saya tahu, mereka membeli banyak buku pasti untuk dijual kembali ke yang lain.

Sekali lagi, buku ini kisah kasih universal anak manusia dari sejak tidak punya apa-apa sampai menjadi Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara. Isinya sangat inspiratif……………….”

(pada kesempatan ini pak Habibie meminta sesuatu dari Garuda Indonesia namun tidak saya tuliskan di sini mengingat hal ini masalah kedinasan).

Saya menuliskan kembali pertemuan pak BJ Habibie dengan jajaran Garuda Indonesia karena banyak kisah inspiratif dari obrolan tersebut yang barangkali berguna bagi siapapun yang tidak sempat menghadiri pertemuan tsb. Sekaligus mohon maaf jika ada kekurangan penulisan disana-sini karena tulisan ini disusun berdasarkan ingatan tanpa catatan maupun rekaman apapun.

Jakarta, 12 Januari 2012

Salam,
Capt. Novianto Herupratomo

Kategori

Kategori